Sepuluh Stadion Tertinggi di Dunia, Peru dan Bolivia Mendominasi

Stadion tertinggi di dunia

Sebelum kalian membaca artikel dengan berjudul Sepuluh Stadion Tertinggi di Dunia, Peru dan Bolivia Mendominasi, kami ada info buat kalian yang gemar bermain QQ Online bisa berkunjung dan bermain ke Situs QQ Online.

Stadion merupakan salah satu sarana yang tidak dapat dilepaskan dari dunia sepak bola. Terdapat berbagai variasi dari stadion-stadion yang ada di dunia. Ada yang mengutamakan kemewahan, ada yang mengutamakan kapasitas. Namun bagaimana dengan aspek ketinggian yang sering dilupakan? Berdasarkan perhitungan dari atas permukaan laut, berikut daftar stadion tertinggi di dunia.

1. Estadio Daniel Alcides Carrion (4.380 m)

Stadion tertinggi di dunia ini terletak di Kota Cerro de Pasco, Peru. Kota Cerro de Pasco sendiri merupakan salah satu kota tertinggi di dunia. Stadion yang memiliki kapasitas untuk 8000 orang ini dinamai berdasarkan nama penemu penyakit Carrion. Pada tahun 2007, FIFA sempat melarang adanya pertandingan internasional di stadion ini.

READ  Profil Shin Tae-yong: Pelatih Sepak Bola Indonesia Asal Korea Selatan

2. Estadio de Villa Ingenio (4.090 m)

Stadion ini berada di kawasan Villa Ingenio, Kota El Alto, Bolivia. Stadion ini dibangun pada tahun 2013 dan selesai pada tahun 2017. Pembangunan stadion ini disubsidi sekitar 6,5 juta Euro dari pemerintah. Stadion ini memenuhi standar dan memegang izin dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan untuk menyelenggarakan pertandingan.

3. Estadio Victor Agustin Ugarte (3.960 m)

Stadion tertinggi ketiga ini masih terletak di Bolivia, tepatnya di Kota Potosi. Nama lainnya adalah Estadio Mario Mercada Vaca Guzman. Stadion ini berkapasitas lebih dari 10.000 orang dan dikatakan dapat menampung hingga 32.000 orang. Stadion ini sebenarnya merupakan tempat yang serba guna dan pernah diubah secara struktur pada tahun 2000.

4. Estadio Enrique Torres Belon (3.892 m)

Sama seperti Estadio Victor Agustin Ugarte, stadion ini juga merupakan ruang yang multifungsi. Stadion ini terletak di Kota Puno, Peru dan secara aktif untuk saat ini digunakan oleh klub Alfonso Ugarte. Stadion yang dinamai dari nama seorang senator ini dibuka sejak tahun 1963 dan dapat menampung kapasitas hingga 20.000 orang.

5. Estadio Guillermo Briceno (3.824 m)

Stadion ini masih terletak di negara La Blanquirroja, tepatnya di Kota Juliaca. Seperti Estadio Victor Agustin Ugarte, stadion ini mampu menampung hingga 20.000 orang. Stadion ini dibangun pada tahun 1946 dan resmi dibuka pada tanggal 24 Oktober 1966. Pada tahun 2019, stadion ini merupakan tuan rumah dari Liga 1 Peru.

READ  Catat! Daftar 6 Kiper MU Dari Masa Ke Masa dengan Prestasi yang Membanggakan

6. Estadio Jesus Bermudez (3.735 m)

Estadio Jesus Bermudez merupakan stadion serbaguna yang terletak di Kota Oruro, Bolivia. Stadion ini merupakan stadion kandang dari klub Oruro Royal dan Deportivo San Jose. Selain digunakan untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga aktif digunakan untuk kepentingan atletik. Dibuka sejak tahun 1955, stadion ini memiliki kapasitas hingga 33.000 orang.

7. Estadio Hernando Siles (3.637 m)

Terletak di Kota La Paz, Bolivia, stadion ini merupakan yang terbesar di negara ini. Stadion ini berkapasitas 41.143 orang dan dinamai berdasarkan nama Presiden Bolivia yang ke-31. FIFA pernah melakukan pelarangan atas penggunaan stadion ini. Namun pada tahun 2006, stadion ini menjadi saksi ketika Bolivia mengalahkan Argentina dengan kemenangan 6-1.

8. Estadio Inca Garcilaso (3.377 m)

Stadion yang dikenal juga dengan Estadio Garcilaso de la Vega merupakan stadion yang terletak di Kota Cusco, Peru. Saat dibuka pada tahun 1958, stadion ini hanya berkapasitas untuk 30.000 orang namun saat ini dapat menampung hingga sekitar 42.000 orang. Stadion ini digunakan secara aktif oleh klub lokal yang bernama Cienciano.

READ  Daftar Pemain Juventus yang Hengkang Awal Musim Ini, Ada Pemain Top Dilepas Gratis

9. Estadio Huancayo (3.259 m)

Masih berada di Peru, stadion ini terletak di Kota Huancayo, Kawasan Junin dan merupakan kandang dari klub Deportivo Junin. Sebelum dinamai dengan Huancayo, stadion ini dinamai dengan Estadio IV Centenario mulai tahun 1962 hingga tahun 2005. Sejak dibuka pada tahun 1962, stadion ini hanya mampu menampung kapasitas hingga 17.000 orang.

10. Estadio El Campín (3.250 m)

Stadion yang terakhir ini tidak terletak di Peru ataupun Bolivia. Stadion yang terletak di Bogota, Kolombia ini dikenal juga dengan nama Estadio Nemesio Camacho. Nama Campin berasal dari kata Camping. Stadion ini dibuka sejak tahun 1938 dan berkapasitas lebih dari 30.000 orang. Stadion ini sempat mengalami renovasi pada tahun 2010-2011.

Itulah sepuluh stadion tertinggi di dunia yang didominasi oleh Peru dan Bolivia. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh posisi dataran tinggi yang dimiliki oleh kedua negara tersebut. Keberadaan stadion sangatlah penting bagi klub maupun negara. Saking pentingnya, dikabarkan bahwa klub-klub tertentu bahkan rela menjual para pemainnya demi memiliki stadion yang diharapkan.

You May Also Like

About the Author: Peter Man