Profil Juan Mata Si Pencetak Gol Yang Handal

Profil Juan Mata

Juan Manuel Mata Garcia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Juan Mata merupakan pesepakbola kelahiran Spanyol, April 1988. Pria yang tergabung dalam klub Manchester United ini berperan sebagai gelandang baik di MU maupun Timnas Spanyol. Penasaran dengan profil Juan Mata? Berikut informasi selengkapnya!

Kehidupan Juan Mata

Dilahirkan pada tanggal 28 April 32 tahun yang lalu di kota Burgos, Juan mewarisi nama ayahnya yaitu Juan Manual Mata Rodriguez. Ayahnya merupakan seorang pemain sepak bola yang berperan sebagai penyerang dan bermain untuk Burgos FC pada tahun 1980 hingga 1990-an.

Juan mata dibesarkan di kampung halaman sang ayah, Asturias. Sebelum menjadi pemain sepak bola, Juan Mata terlebih dahulu akrab dengan olahraga tenis meja pada masa kanak-kanak. Kemudian pada tahun 1998 hingga 2003, Juan Mata memulai kariernya dalam dunia sepak bola bersama klub Real Oviedo.

READ  Profil Anthony Martial, Penyerang Asal Prancis

Awal Karier Juan Mata

Setelah resmi bergabung dengan Real Oviedo pada usia 15 tahun, Juan Mata memulai perjalanannya dalam dunia sepak bola. Ia mampu memperlihatkan keahliannya dalam mengolah si kulit bundar. Pada tahun 2005-2006, Juan mencetak dua gol di sebuah pertandingan dan tiga gol pada ajang Copa de Campeones.

Di tahun 2006-2007, juan mata memutuskan bergabung dengan Real Madrid Castilla. Di akhir musim bersama Real Madrid, Juan Mata mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak kedua setelah Alvaro Negredo.

Bergabung Bersama Valencia

Pertengahan maret 2007, Juan Mata memutuskan bergabung dengan klub Valencia. Ia mendapatkan tempat di tim utama Valencia pada tahun 2008. Saat laga melawan Barcelona, Juan Mata berhasil menyumbangkan dua gol di semifinal Copa del Rey. Ia mencatatkan gol pembuka kemenangan 3-1 melawan Getafe FC pada 16 April.

Di dua musim terakhir bersama Valencia, Juan Mata sukses mencetak 17 gol dari 68 pertandingan di semua kompetisi dan berhasil mengantarkan Valencia ke posisi tiga klasemen La Liga. Juan Mata menyumbangkan dua gol atas skor 5-0 melawan Villarreal CF.

READ  Profil Diego Costa dan Perjalanan Karirnya

Mengembangkan Karier Bersama Chelsea

Valencia dan Chelsea menyepakati proses transfer Juan Mata pada tanggal 21 Agustus 2011. Kemudian Juan Mata menandatangani kontrak bersama Chelsea pada tanggal 24 Agustus 2011. Chelsea mengontrak Juan Mata untuk lima musim.

Debut pertamanya bersama Chelsea dimulai dengan Mata menjadi pemain pengganti atas Florent Malouda pada 27 Agustus 2011. Mata juga langsung mencatatkan gol pertamanya pada pertandingan tersebut.

8 januari 2012, Juan Mata melakukan debut sejak menit pertama bersama Chelsea di laga piala FA. Chelsea berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-0. Di pertandingan selanjutnya, Mata mencatatkan satu-satunya gol kemenangan dalam melawan Queens Park Rangers.

Pada tahun 2012, Mata berhasil meraih penghargaan sebagai pemain Chelsea terbaik. Ia menempati posisi kedua setelah Ruud Gullit yang berhasil meraih penghargaan serupa pada tahun 1996. Juan mata kembali mencatatkan kemenangan bersama Chelsea dalam Piala Liga di tahun 2013. Namun, hingga Januari 2014, Juan Mata hanya mengikuti 11 dari 22 pertandingan yang diselenggarakan di musim tersebut.

READ  Profil Petr Cech Mengulik Kisah Kehidupan Hingga Perjalanan Karir

Berlabuh Di Manchester United

Terhitung 24 Januari 2014, Juan Mata melanjutkan karirnya di Manchester United. Chelsea telah menyetujui kesepakatan transfer Juan Mata. Ia pun mulai menjalani tes medis dan akhirnya resmi bergabung dengan MU.

Gol perdana Juan Mata bersama MU berlangsung saat pertandingan melawan Aston Villa. MU berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-1. Kemudian pada tanggal 5 April 2014, Juan Mata kembali mencetak gol sehingga menambah deretan prestasi pada profil juan Mata.

Nah, itulah profil Juan Mata sang pencetak gol yang handal. Sebagai seorang gelandang serang, Juan Mata telah membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mencetak gol. Visi yang dimilikinya cukup besar sehingga kemampuannya semakin berkembang pesat.

You May Also Like

About the Author: Peter Man