Profil Diego Costa dan Perjalanan Karirnya

Profil Diego COsta

Para pecinta sepak bola pasti tidak asing lagi dengan nama Diego Costa. Ia merupakan salah satu dari banyak pemain sepak bola dengan karir cemerlang. Pemain 32 tahun ini memiliki perjalanan karir yang cukup panjang, sebelum akhirnya bermain bersama Atletico Madrid. Ingin tahu lebih banyak tentang pemain satu ini? Yuk simak profil Diego Costa berikut ini.

Profil Diego Costa

Nama Lengkap                   : Diego da Silva Costa

Tempat & Tanggal Lahir : Lagarto, Brasil,  7 Oktober 1988

Kewarganegaraan             : Spanyol

Klub                                     : Atletico Madrid

Posisi                                   : Penyerang

Nomor punggung              : 19

Tinggi                                      : 188 cm

READ  Profil Juan Mata Si Pencetak Gol Yang Handal

Karir Diego Costa

Diego Costa lahir di Brazil pada 7 Oktober 1988. Ia memulai karirnya sebagai pemain sepak bola profesional saat menandatangani kontrak dengan klub Braga di Portugal pada Februari 2006. Sayangnya, saat itu ia gagal merebut posisi inti dan terpaksa duduk di bangku cadang.

Di tahun yang sama, Braga meminjamkan Costa ke Pinafiel karena kurangnya kesempatan bermain. Putra Jose Silva Costa ini kemudian membuktikan kebolehannya dengan mencetak lima gol dari 13 kesempatan. Lalu, pada 2007, Costa direkrut oleh Atletico Madrid dengan biaya transfer sebesar € 1,5 juta atau sekitar Rp 24,6 miliar.

Meski telah menjadi milik Atletico Madrid, Costa tetap diperbolehkan bermain untuk Braga hingga akhir musim. Tidak berhenti sampai di situ, Costa juga dipinjamkan kepada klub Segunda Division−Celta dan Albacete. Ia berhasil menyumbangkan lima gol dari 30 penampilan bersama Celta dan Sembilan gol dari Sembilan penampilan untuk Albacete.

READ  Profil Anthony Martial, Penyerang Asal Prancis

Pada tahun 2009, Atletico melego Costa ke Real Valladolid sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran dengan kiper Sergio Asenjo. Kontrak tersebut mencakup opsi pembelian kembali yang bisa dilakukan oleh Atletico pada akhir musim.

Sesuai kontrak, Costa akhirnya kembali ke Atletico Madrid pada tahun 2010. Sayangnya, meski kemampuannya telah terasah akibat bolak-balik klub, Costa hanya menjadi cadangan untuk Sergio Aguero dan Diego Forlan di Atletico. Ketika Aguero mengalami cedera pada September 2010, Costa berkesempatan tampil dan berhasil mencetak satu-satunya gol melawan Real Zaragoza.

Costa Semakin Cemerlang

Pada musim berikutnya, Costa kembali ke Atletico Madrid dan membawa klub yang dinaunginya meraih kemenangan melawan Real Madrid di partai final. Ia juga menjadikan klubnya juara di Piala Raja Spanyol.

Bukan hanya sekedar menjuarai turnamen, kemenangan tersebut juga merupakan kemenangan pertama Atletico Madrid atas Real Madrid dari 25 pertandingan berturut-turut. Selain itu, Costa juga menjadi top skor turnamen, dimana ia mencetak delapan gol−unggul satu gol atas Cristiano Ronaldo.

Costa terus menerus menunjukkan penampilan apiknya dengan mencetak kemenangan 2-1 atas Osasuna. Kemudian, empat hari setelahnya, ia kembali mencetak satu-satunya gol dalam derby Madrid dan membawa kemenangan pada Atletico. Bulan berikutnya, ia melakukan debut di Liga Champion dan berhasil menyumbangkan dua gol melawan FK Austria Wien.

READ  Profil Petr Cech Mengulik Kisah Kehidupan Hingga Perjalanan Karir

Costa Bergabung dengan Timnas Brasil

Karena penampilan cemerlangnya bersama Atletico, costa mulai dilirik oleh timnas Brasil dan Spanyol. Pada Maret 2013, pelatih Timnas Brasil memanggil Costa untuk bermain pada pertandingan persahabatan dengan Italia di Jenewa dan Rusia di London. Kemudian, di tahun 2014, Costa mendapatkan kewarganegaraan Spanyol dan menyatakan keinginannya untuk bermain mewakili Negara tersebut.

Hingga saat ini, Costa masih bergabung pada klub Atletico Madrid, meski sebelumnya ia sempat bermain bersama Chelsea. Sayangnya, baru-baru ini Atletico dan Costa sepakat untuk memutuskan kontrak yang akan berakhir pada 21 Juni 2021.

Demikianlah profil Diego Costa dan perjalanan karirnya selama menjadi Profesional. Meski pencapaiannya akhir-akhir ini mengalami penurunan, Diego Costa diisukan akan kembali bermain di Liga Inggris.

You May Also Like

About the Author: Peter Man