Inilah Para Pemain Ajax Keturunan Indonesia!

Pemain Ajax Keturunan Indonesia

AFC Ajax (Amsterdamsche Football Club Ajax) atau Ajax Amsterdam, merupakan salah satu klub sepak bola terkuat yang berasal dari Belanda dan sudah berdiri sejak tahun 1900, tepatnya 120 tahun yang lalu. Meskipun berasal dari negeri kincir angin, tentunya para pemain tidak hanya berasal dari negerinya sendiri. Ada banyak yang berasal dari berbagai belahan dunia lain, pun terdapat beberapa pemain yang berasal dari Indonesia. Siapakah mereka? Berikut ini adalah daftar pemain ajax keturunan Indonesia.

1. Irfan Bachdim

Irfan memulai karirnya dengan masuk di akademi sepak bola Ajax Amsterdam dengan beberapa orang temannya; Mitchell Donald, Jeffrey Sarpong, Christian Supusepa, dan Ryan Babel. Dalam permainan, Irfan biasanya berada di posisi penyerang, gelandang, dan sayap. Tetapi pada umumnya, ia bisa menempati posisi apa saja. Pria dengan nama lengkap Irfan Haarys Bachdim ini lahir di Amsterdam pada tahun 1988. 

READ  Inilah Posisi Pemain Juventus Terbaru Yang Akan Dimainkan Musim Depan

Meskipun kelahiran Belanda, ia tetap keturunan Indonesia dikarenakan Ayahnya, yaitu Noval Bachdim, adalah keturunan Indonesia-Arab sementara Ibunya adalah seorang  warga Belanda. Pada 2011, Bachdim akhirnya menikahi seorang gadis asal Jerman, Jennifer Kurniawan. Dikaruniai seorang anak perempuan,  Kiyomi Sue Bachdim, dan seorang anak laki-laki, Kenji Zizou Bachdim.

2. Kenny Tete

Sama seperti Bachdim, Kenny juga merupakan seorang pria kelahiran Amsterdam, tepatnya pada 9 Oktober 1995 yang menjadikannya berbeda tujuh tahunan dari Bachdim. Sebelum direkrut ke Ajax Academy, Kenny lebih dahulu bermain untuk AVV Zeeburgia yang juga merupakan klub sepak bola dari negeri asalnya. Ia biasa menempati posisi sebagai bek kanan. 

Dibesarkan oleh kedua orangtuanya dimana Ayahnya merupakan seorang kickboxer asal Mozambik, sementara Ibunya adalah orang asli Indonesia yang memberikan darah keturunan Nusantara padanya. Bahkan kini, beberapa anggota keluarganya pun masih tinggal di Indonesia, persisnya di Pulau seribu dewata—Pulau Bali.

READ  5 Pemain Muda yang Gagal Bersinar Ini Kini Mulai Terlupakan

3. Ezra Walian

Ezra adalah seorang pemain untuk Ajax Amsterdam sebagai seorang striker. Merupakan keturunan Indonesia dikarenakan Ayahnya yang berasal dari Manado asli, sementara Ibunya adalah seorang penduduk Belanda. Pemuda ini adalah seorang pemain bola yang sangat mencintai Indonesia, dibuktikan dari kegiatan-kegiatan sosialnya selama berada di Indonesia. Mulai dengan menggelar coaching clinic di Bandung sampai dengan mengunjungi banyak panti-panti asuhan.

4.  Noah Gesser

Nama Noah Gesser belakangan mulai dikenal banyak orang lantaran dirinya memang orang Belanda tetapi sekaligus adalah orang dengan garis keturunan Indonesia yang didapatnya dari sang Ibu, yang mana berasal dari Jawa. Noah kini memperkuat Ajax di level u-16 pada umur 15 tahun. Meski begitu belia, Noah setidaknya sudah mendapatkan beberapa panggilan, kurang lebih lima kali dari timnas Belanda. Namun, ketika ditanyai mengenai timnas Indonesia, ia langsung mengaku tertarik.

READ  Mengenal 5 Pemain Keturunan Indonesia Di Belanda

5. Jairo Riedewald

Jairo Riedewald, adalah seorang pemain Ajax keturunan Indonesia. Tetapi pada dasarnya, Jairo merupakan seorang pemain sepak bola dengan tiga darah campuran, yaitu Belanda, Suriname, dan Indonesia. Diketahui bahwa ia mendapatkan garis keturunan Indonesianya dari sang ibu serta neneknya yang berasal dari Ambon, Maluku. Sementara itu, darah Suriname mengalir dari ayahnya. 

Jairo Jacquim Riedewald, lahir di Harleem pada tahun 1996. Tepatnya pada tanggal 9 September, dan kini sudah menginjak usia 25 Tahun. Jairo mengawali karir sepakbolanya di Ajax Academy, bahkan sekarang ia telah tercatat sebagai anggota Crystal Palace.

Itulah daftar beberapa nama-nama pemain Ajax keturunan Indonesia. Kelimanya memang berdarah Indonesia dan pernah bermain untuk Ajax, tetapi semangat untuk bermain sepak bola selalu berasal dari diri mereka sendiri. Sehal selalu, Salam olahraga!

 

You May Also Like

About the Author: Peter Man