Profil Shin Tae-yong: Pelatih Sepak Bola Indonesia Asal Korea Selatan

pelatih sepak bola Indonesia

Shin Tae-yong adalah pelatih sepak bola Indonesia berkebangsaan Korea Selatan yang ditunjuk oleh PSSI pada 28 Desember 2019. Shin Tae-yong memiliki prestasi dan karir yang gemilang selama menjadi pemain sepak bola dan juga pelatih.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong dipilih untuk menjadi pelatih timnas senior menggantikan pelatih timnas sebelumnya, yaitu Simon McMenemy. Untuk mengetahui profil dan perjalanan karir Shin Tae-yong yang lebih jelas, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Profil Singkat Shin Tae-yong

Shin Tae Yong adalah pelatih sepak bola Indonesia yang berasal dari Korea Selatan. Ia lahir pada tanggal 11 Oktober 1970 di Gyeongbuk, Korea Selatan. Pada tahun 1995, Shin Tae-yong menikah dengan Cha Young-ju yang juga merupakan wanita asal Korea Selatan. Dari pernikahannya tersebut, dikaruniai dua orang anak, yaitu Shin Jae-hyeok dan Shin Jae-won. Kini Shin Tae-yong berusia 50 tahun dan sedang menjabat sebagai pelatih timnas senior sejak tahun 2019.

READ  Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris, Terbaik Sepanjang Masa

Perjalanan Karir Shin Tae-yong Sebagai Pemain Bola

Perjalan karirnya sebagai pemain bola dimulai pada tahun 1987 dimana ia bergabung menjadi pemain U-17 Korea Selatan. Posisinya sebagai pemain yaitu sebagai penyerang tengah. Selama menjadi pemain di U-17 Korea selatan, ia berhasil mencetak sebanyak 2 gol. Karirnya berlanjut dengan menjadi pemain di tim U-20 Korea Selatan di tahun 1988. Ia berhasil mencetak 1 gol selama menjadi pemain di tim tersebut.

Selanjutnya, ia bergabung menjadi pemain U-23 pada tahun 1991-1992 dan berhasil mencetak 1 gol. Karirnya tidak berhenti hanya sampai disitu, pada tahun 1992-1997 ia bergabung menjadi pemain tim Korea Selatan dan berhasil mencetak gol sebanyak 3 kali. Untuk permainan internasional, ia berhasil mencetak 3 gol dalam 23 permainan untuk Korea Selatan.

Ia juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan seperti di K League Young Player of the Year pada tahun 1992 dan K League Top Scorer Award pada tahun 1996. Selain itu, ia juga memenangkan Asian Club Championship di tahun 1995 dan enam gelar K League lainnya.

READ  Profil Luis Milla Sang Mantan Pelatih Timnas Indonesia

Perjalanan Karir Shin Tae-yong Sebagai Pelatih

Karir pertamanya dimulai sebagai asisten pelatih di Queensland Roar FC pada tahun 2005 sampai dengan 2008. Selanjutnya, menjadi manajer dari Seongnam Ilhwa Chunma FC pada tahun 2009-2012.

Pada 10 Februari 2015, Shin Tae-yong ditunjuk menjadi manajer di tim U-20 Korea Selatan. Pada tahun 2017, ia menjadi manajer di tim senior Korea Selatan dan membawa kemenangan di EAFF E-1  Football Championship 2017. Ia menjabat sebagai manajer di tim Korea Selatan mulai tahun 2017-2019.

Karirnya sebagai manajer tim senior Korea Selatan berhasil membawa tim U-23 ke babak perempat final pada Summer Olympics tahun 2016. Ia juga berhasil membuat tim Korea Selatan mengalahkan Jerman dengan poin 2-0 pada FIFA World Cup 2018. Meskipun tim Korea Selatan kalah melawan Mexico dengan skor 1-2 dan juga kalah melawan Swedia dengan skor 0-1.

READ  Inilah Para Pemain Ajax Keturunan Indonesia!

Karena sederet prestasi itulah pada tanggal 28 Desember 2019, Shin Tae-yong ditunjuk untuk menjabat sebagai pelatih sepak bola Indonesia. Menggantikan Simon McMenemy dan menandatangani kontrak selama 4 tahun sebagai pelatih timnas senior.

Susunan tim pelatih timnas senior terdiri dari tiga orang pelatih asal Korea Selatan dan satu orang dari Indonesia. Susunan tersebut yaitu Shin Tae-yong sebagai pelatih, Kim Hae-won sebagai pelatih kiper, Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik, dan Indra Sjafri sebagai asisten pelatih.

Itulah ulasan singkat tentang profil Shin Tae-yong dan perjalanan karirnya hingga menjadi pelatih sepak bola Indonesia. Perjalanannya hingga menjadi pelatih timnas Indonesia tentu tidaklah mudah. Kerja keras dan kegigihanlah yang membuat ia sampai di titik yang sekarang ini. 

You May Also Like

About the Author: Peter Man